MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MELALUI METODE BERVARIASI UNTUK MENGENAL LINGKUNGAN ALAM DAN LINGKUNGAN BUATAN PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK – KANAK TEMPURSARI 01 KECAMATAN WUNGU KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A. Latar Belakang

Tantangan pendidikan dimasa depan khususnya pada jenjang Taman Kanak – Kanak disadari akan semakin  berat. Hal ini merupakan konsekuensi kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan. Hal itu diantaranya ditunjukkan dengan mningkatnya aspirasi terhadap peningkatan pendidikan baik dalam arti perluasan kesempatan belajar maupun tuntutan akan pendidikan yang bermutu. (Thomson,1997:12) dalam Hera Lestari Mikarsa, dkk 2005 menyatakan pendidikan adalah pengaruh lingkungan atas individu untuk menghasilkan perubahan – perubahan yang tetap didalam kebiasaan – kebiasaan, pemikiran, sikap – sikap dan tingkah laku.

Pendidikan harus mengantisipasi tuntutan kehidupan dalam suatu masyarakat sehingga dapat mempersiapkan anak didik untuk hidup wajar, sesuai dengan kondisi masyarakat, dimana mereka hidup, untuk tercapainya proses pendidikan berupa kurikulum yang landasan pengembangannya memperhatikan perkembangan masyarakat. Saylor, Alexander dan Lewis 1974 (dalam Asep Henry Hernawan, dkk 2006:1.3) menyatakan bahwa kurikulum merupakan segala upaya sekolah untuk mempengaruhi siswa supaya belajar, baik dalam ruangan kelas, dihalaman sekolah, maupun diluar sekolah (The curriculum in is their total of school efforts to influence learning, whether in the classroom on the play grounder out of school).

Pembelajaran yang menyenangkan dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan. Keberhasilan pembelajaran guru ditunjukkan oleh dikuasainya materi pelajaran oleh siswa. Tingkat penguasaan siswa terdapat materi pelajaran biasanya dinyatakan dengan nilai pada setiap ulangan akhir kegiatan, nilai kognitif yang rendah menunjukkan rendahnya penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. Hanya 3 anak dari 15 siswa Taman Kanak – Kanak Tempursari 01 yang mencapai tingkat penguasaan materi. Untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, penulis melaksanakan perbaikan pembelajaranmelalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Disamping untuk memperbaiki pembelajran, pelaksanaan perbaikan pembelajaran ini juga ditujukan untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) dengan kode mata kuliah PDGK 4501 pada program S1-PAUD yang diselenggarakan Universitas Terbuka Pokjar Madiun.

Dalam mengadakan suatu perbaikan pembelajaran memerlukan metode penelitian agar tercapai suatu penyelesaian. Penilaian metode ini dipertimbangkan dan dipilih berdasarkan kesesuain tujuan pelaporan dan permasalahannya. Berdasar permasalahn diatas maka metode yang dipilih menyusun laporan ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan data kualitatif yang ditemukan ditengah – tengah pembelajaran berlangsung.

Laporan ini disusun berdasar catatan yang dibuat ketika merancang kegiatan perbaikan, serta selama pelaksanaan observasi, dan diskusi. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang dilakukan dalam siklus 2 siklus PTK untuk pelajaran Kognitif. Berkenaan itu laporan ini memuat Pendahluan, Kajian Pustaka, pelaksanaan, hasil penelitian dan Pembhasan, serta Simpulan dan Saran.

  1. B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang diuraikan diatas adalah :

  1. Bagaimana meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi lingkungan alam dan lingkungan buatan ?
  2. Bagaimana melaksanakan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi lingkungan alam dan lingkungan buatan melalui metode bervariasi ?
  3. Bagaimana mengevaluasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi lingkungan alam dan lingkungan buatan melalui metode bervariasi ?
  1. C. Tujuan  Penulisan

Berdasarkan permasalahan tersebut  diatas, maka tujuan penulisan ini adalah :

  1. Untuk menjelaskan upaya meningkatkan penguasaan tentang bahasa melalui lingkungan alam dan lingkungan buatan.
  2. Mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dalam menerapkan model pembelajaran berdasarkan pengembangan bahasa.
  3. Untuk menjelaskan upaya peningkatan penguasaan tentang pembelajaran lingkungan alam dan lingkungan buatan melalui metode bervariasi.
  1. D. Manfaat

Manfaat diadakannya penelitian tindakan kelas bagi guru adalah :

  1. Bagi guru dapat meningkatkan interaksi belajar mengajar secara aktif.
  2. Bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilan dalam kehidupan sehari – hari.
  3. Bagi lingkungan sekolah dapat memanfaatkan lingkungan alam dan lingkungan buatan dalam kehidupan dalam kehidupan sehari – hari.

BAB II

KAJIAN PUSTAKA

Dalam interaksi pembelajaran sosial pada dasarnya ingin mengajak siswa untuk mengkaji materi dan ditentukan strategi pembelajaran  sosial di Taman Kanak – Kanak yang ditentukan pada kesesuaian dan keperluan saat ini serta diterapkan dapat memenuhi tantangan yang akan datang.

Pengetahuan sosial berfungsi untuk mengembangkan pengetahuan, nilai sikap dan ketrampilan siswa tentang masyarakat, bangsa dan negara. Pengetahuan sosial bertujuan untuk : (1) Mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif, memecahkan masalah dan ketrampilan sosial, (2) Membangun komitmen dan kesadaran terhadap nilai – nilai sosial dan kemanusiaan, (3) Meningkatkan kemampuan bekerja sama dan berkompetensi  dalam masyarakat majemuk, baik secara nasional maupun global. Keberhasilan pembelajaran  sosial ditentukan oleh bagaimana guru merencanakan, melaksanakan dan menilai sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Pembelajaran sosial di Taman Kanak – Kanak ditemukan berbagai masalah, antara lain dikemukakan oleh Soemantri (2001) bahwa pembelajaran sosial yang tidak menggembirakan dewasa ini akibat pada parahnya sistem evaluasi. Evaluasi yang sangat dominan menekankan pada “menekankan dan mengingat”(Hal 77).

Sedangkan Djarini dan Wurgan (1997) berpendapat bahwa “pembelajaran sosial dewasa ini bersifat parsial, yaitu hanya membina taksonomi kawasan rendah yakni hafalan (Hal 4 – 5), Wardani (1990) menyatakan bahwa kegiatan yang dominan pembelajaran sosial pada umumnya berfokus pada pemberian pengetahuan (kognitif) belum sampai pada ranah afektif dan psikomotor (Hal : 106)”.

Kurang optimalnya pembelajaran sosial di Taman Kanak – Kanak Tempursari 01 Kelas B secara umum siswa kalau ditanya yang bersifat hafalan, mereka cepat sekali menjawab, tetapi kalau pertanyaan yang sifatnya ketrampilan siswa lama sekali menjawab. Siswa tidak begitu antusias mengikuti pembelajaran dilihat dari 13 siswa Taman Kanak – Kanak Tempursari 01 hanya 7 siswa yang mau berinteraksi aktif.

BAB III

PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

  1. A. Subjek Penelitian

Penelitian tindakan kelas dilakukan di Taman Kanak – Kanak Tempursari 01 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun mulai tanggal 28 Maret –  4 April 2009. Jumlah siswa 15 anak.

Adapun jadwal pelaksanaan sebagai berikut :

  1. Siklus I tanggal 28 Maret 2009 pembelajaran pembiasaan sosial di

Taman Kanak – Kanak Tempursari 01 Kelompok B.

  1. Siklus II tanggal 4 April 2009 pembelajaran sosial di

Taman Kanak – Kanak Tempursari 01 Kelompok B.

  1. B. Deskripsi Pelaksanaan
  1. Siklus I

Perencanaan

Rencana kegiatan yang dilakukan pada tahap ini meliputi :

  1. Membuat satuan kegiatan harian pengembangan sosial dan materi lingkungan alam dan lingkungan buatan.
  2. Mempersiapkan alat dan media pembelajaran.
  3. Membuat LKS

Pelaksanaan

Perbaikan pembelajaran pertama dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2009 dengan langkah – langkah sebagai berikut :

  1. Melakukan Apersepsi.
  2. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
  3. Menjelaskan materi kegiatan pembelajaran.
  4. Memberi bimbingan dan penguatan.
  5. Bersama anak menyimpulkan materi yang dibahas.
  6. Memberi tes akhir.
  7. Membahas tes akhir.
  8. Tindak lanjut.

Perbaikan

Berdasarkan masalah yang dihadapi, yaitu banyak anak yang kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil yang dicapai kurang memuaskan, beberapa kegiatan khusus yang menjadi perbaikan pembelajaran adalah :

  1. Memberikan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dalam LKS.
  2. Guru memberikan bimbingan.
  3. Siswa melaporkan hasil.

Pengumpulan Data dan Refleksi

Dari data yang diperoleh dari teman sejawat ketika mengedakan pengematan pelaksanaan perbaikan yang pertama pada hari Sabtu, 28 Maret 2009 dengan menggunakan lembar pengamatan, masih  ada  siswa yang belum aktif dan hasil belajarnya kurang, maka setelah diadakan diskusi dengan teman sejawat dan pembimbing perlu diadakan perbaikan pembelajaran yang ke – 2.

  1. Siklus II

Perencanaan

Rencana kegiatan yang dilakukan pada tahap ini meliputi :

  1. Membuat satuan kegiatan harian pembelajaran sosial materi mengenalkan lingkungan alam dan lingkungan buatan.
  2. Mempersiapkan alat dan media pembelajaran.
  3. Membuat LKS

Pelaksanaan

Perbaikan pembelajaran kedua dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal  04 Maret 2009 dengan langkah – langkah sebagai berikut :

  1. Melakukan Apersepsi.
  2. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
  3. Menjelaskan materi kegiatan pembelajaran.
  4. Memberi bimbingan dan penguatan.
  5. Bersama anak menyimpulkan materi yang dibahas.
  6. Memberi tes akhir.
  7. Membahas tes akhir.
  8. Tindak lanjut.

Perbaikan

Berdasarkan masalah yang dihadapi, yaitu banyak anak yang kurang aktif dalam diskusi kelompok dan hasil yang yang dicapai kurang memuaskan, beberapa kegiatan khusus yang menjadi perbaikan pembelajaran adalah :

  1. Memberikan kegiatan dengan menggunakan alat peraga dalam LKS.
  2. Guru memberikan bimbingan dan penguatan.
  3. Memperbaiki dan menambah alat peraga.

Pengumpulan Data dan Refleksi

Dari data pengantar yang diperoleh teman sejawat ketika mengadakan pengamatan pelaksanaan perbaikan yang pertama pada sabtu 28 Maret 2009 dengan menggunakan lembar pengamatan hasil nilai tes akhir, sudah ada peningkatan dengan penguatan yang dilakukan oleh guru, siswa lebih aktif dan hasil nilai tes akhir sudah menunjukkan berhasil baik. Dengan penguatan yang bervariasi dan penggunaan berbagai alat peraga semua kelompok sudah aktif melakukan kegiatan diskusi  dan dampaknya hasil  nilai tes akhir juga meningkat, maka pembelajaran cukup sampai siklus II.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: